Lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polda DIY Di Balai Desa Baturetno

Administrator 19 Mei 2017 09:53:04 WIB

Baturetno – Jumat, 05 Mei 2017 pukul 09.00 wib di Balai Desa Baturetno Banguntapan Bantul berlangsung lomba Bahabinkamtibmas tingkat Polda DIY. Hadir dalam giat AKBP Dwi Astuti, Kompol Asep Suherman, kompol Ardhiansyah (tim juri), Kasat Binmas Polres AKP Handiko, Muspika Banguntapan. Dukuh, Kelompok PKK, linmas dan pellor serta Tomas, Toga dan Toda.

Dalam lomba tersebut untuk Polres Bantul terpilih Bhabinkamtibmas Desa Baturetno Bripka Irawan Adhi Susanto, SH.

Kapolsek Banguntapan Kompol Suharno, SH merasa bangga, salah satu anggotanya terpilih mewakili Polres Bantul dalam Lomba Bhabainkamtibmas tingkat Polda DIY. Kapolsek mendukung sepenuhnya pada anggotanya dan diharapkan dapat memicu semangat personil lainnya berkarya, berinovasi dan berkreasi demi peningkatan kualitas pelayanan pada masyarakata tanpa pamrih.

Lurah Desa Baturetno bapak Sarjaka mendukung babinkamtibmas desanya yang terpilih mewakili lomba bhabinkamtibas tingkat Polda DIY. Babin Desa Baturetno selalu melekat dan menjaga situasi kamtibmas desa. Kehadiran polisi di masyarakat sekarang sudah dekat layaknya keluarga. Keberadaan babin yang selalu bersama masyarakat banyak membawa perubahan, akan kesadaran hukum, keamanan lingkungan, pekat juga mulai hilang terlebih lagi solid dan padu antara kelurahan, pedukuhan bahkan sampai tingkat RT. Setiap ada kejadian sebisa mungkin dapat terselesaikan dengan baik. Juga dengan program jaga warga sehingga keamanan wilayah desa tercipta aman kondusif. Lurah juga mengusulkan agar babin desa juga berdomisili pada desa tersebut.

Camat Banguntapan Jazim Aziz, SH. bahwa camat selaku kordinator motivator dan fasilitator mengajak mari membangun bersama dalam kebersamaan diantara perbedaan. Sinkronisasi antara tomas, toga dan toda persamaan persepsi dan percepatan informasi dan peningkatan pelayanan masyarakat. Dalam menjaga keamanan wilayah kami selalu berkordinasi dengan polsek dan koramil. Babinkamtibmas baik dalam masyarakat dapat momong masyarakat. Terkait usulan Bhabinkamtibmas tinggal di masing-masing desa binaanya beliau akan berkordinasi dengan Kapolsek dan lurah Desa.

Dalam paparanya Bripka Irawan Adhi Susanto, SH menyampaikan peran Babinkamtibmas sebagai gerbang pelayanan kepolisian, menyampaikan geografis desa Baturetno, Jumlah penduduk dan sosial budaya masyarakat desa, Pendidikan dan kebudayaan, menyampaikan Potensi desa ada SSB Baturetno yang sudah melahirkan pemain nasional sepak bola dan Produksi gamelan, paguyuban jathilan dalam lestarikan budaya dan dapat apresiasi dari kebudayaan kabupatan Bantul dan lain sebagaianya.

UMKM juga dikembangkan dalam masyarakat, pasar tradisional juga berkembang baik, bidang pertanian perikanan dan peternakan semua maju dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Partisipasi warga dalam Pilkada (Pilpres, DPR/DPRD, Bupati, Lurah Desa) cukup tinggi 77% memberikan hak pilihnya. Dan dukungan masyakat dalam pembangunan wilayah dengan swadaya dan gotong royong masyarakat.

Giat poskamling setiap RT dan pedukuhan berjalan baik dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kemanan lingkungan tempat tinggal. Pembinaan juga berkesinambungan, program sambang baik dari pamong bersama lurah dan polsek juga dari Binmas Polres Bantul dan Polda DIY.

Terkait kemudahan komunikasi memanfaatkan teknologi demi kecepatan informasi.
Guyub sosial. Paguyuban Pellor membantu masyarakat murni aksi sosial tanpa mengharap imbalan.

Program unggulan dalam Kaderisasi Kamtibmas.
1. Membentuk jaringan informasi disekolah. (Deteksi awal giat sekolah maupun jika ada kerawan misal tawuran dll).
2. Jaringan komunikasi kelompok ibu-ibu PKK (home industri dan pemasarannya).
3. Bentuk pokdarkamtibmas pedukuhan.
4. Rt sebagai deteksi dini.
5. Quality time (luangkan waktu dalam keluarga, matikan HP dan TV).

Setelah pemaparan Bripka Irawan A.S, SH disambut tanggapan AKBP Dwi Astuti, Beliau menjelaskan Dalam rangka menyambut hari bhayangkara, Untuk memeriahkan Polda DIY mengadakan lomba-lomba diantaranya Lomba Bhabinkamtibmas. Masing-masing Polres memilih satu anggota bhabinkamtibmas untuk mewakili .

Selanjutnya sebagai bhabinkamtibmas harus memiliki 3 kriteria, diantaranya :
1. Memiliki pengetahuan dengan mengamban 5 FT kepolisian.
2. Memiliki ketrampilan. Mampu berkomunikasi dengan masyarakat. Berjiwa kepemimpinan dan menjadi tauladan masyarakat. Mampu bermitra dengan dan membangun kebersamaan. Sikap kepribadian yang baik dan percaya diri. Profesional, Disiplin, empati pada masyarakat.
3. Memiliki Kreatifitas dalam kinerja baik dilingkup kantor maupun masyarakat.

Lanjut Tim juri memeriksa kelengkapan administrasi, hasil pelaporan kegiatan, sarana dan prasarana pendukung lainnya. Acara selesai pukul 11.00 wib ditutup sambutan dari Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko. (Sihumas Polsek Banguntapan)

Sumber : http://www.tribratanewsbantul.com/2017/05/lomba-bahabinkamtibmas-tingkat-polda.html

Komentar atas Lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polda DIY Di Balai Desa Baturetno

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi BATURETNO

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung